Monday, April 11, 2016

Sadar Gak, Mungkin Saja Kamu Mengidap 1 dari 10 Gangguan Psikologis Ini!


Gangguan psikologis atau penyakit kejiwaan adalah perilaku yang bukan bagian dari perkembangan normal manusia. Setiap orang bisa mengalami gangguan psikologis dengan tingkat yang berbeda-beda. Apa aja sih yang termasuk gangguan psikologis? Yuk, lihat 10 macam-macam gangguan psikologis yang sudah InformasiGallery rangkum!



1. Bulimia Nervosa



Gangguan psikologis ini sebenarnya terjadi pada seseorang yang tidak ingin menaikkan berat badannya tapi memiliki nafsu makan yang sangat tinggi. Akibatnya dia tetap makan secara berlebihan tapi setelah itu memasukkan tangan ke mulutnya atau minum banyak air agar semua makanan itu bisa dimuntahkan. Hayo, jangan sampai cuma karena obsesi ingin diet kamu jadi terkena penyakit ini yaaa....

2. Eccedentesiast



Kamu yang selalu tersenyum meski sebenarnya menangis bisa-bisa sebenarnya terkena gangguan psikologis ini! Anehnya, seorang Eccedentesiast adalah penghibur yang sangat baik. Dia cenderung bisa menyelesaikan masalah kecil orang lain tapi justru tidak bisa mencari jalan keluar untuk masalahnya sendiri. Duh, sesekali terlihat menangis juga bukan hal yang buruk kok!

3. Eproctophilia



Gangguan psikologis yang termasuk kelainan seksual di mana seseorang menyukai bau kentut pasangannya. Nah, kamu begitu tidak?

4. Erotomania



Seseorang yang merasa orang lain menyukai dirinya tapi sebenarnya cuma ilusi semata. Inget ya, jangan cuma karena jomblo kamu kepedean berlebihan kayak gini.

5. Body Dismorphic Disorder (BDD)



Ketika seseorang merasa kalau tubuhnya tidak ideal, merasa gemuk padahal kurus dan prasangka negatif tentang bentuk tubuhnya sendiri. Kamu yang suka membanding-bandingkan tubuhmu dengan tubuh orang lain berpotensi kena gangguan psikologis ini loh!

6. Climomania


Merasa kalau kasur terlalu posesif sampai tidak mengizinkanmu untuk pergi ke mana-mana. Kalau kamu merasa terlalu cinta pada kasur, bantal dan selimut, hati-hati itu tandanya kamu terkena Climomania atau obsesi tidur!


7. Gamomania



Gangguan psikologis yang menyebabkan seseorang sangat senang mengajak orang untuk menikah bahkan kepada orang asing sekalipun! Wah, obsesi kayak gini harus disembuhkan nih.

8. Narcissistic Personality Disorder (NPD)



Seseorang yang merasa dirinya adalah makhluk sempurna yang tiada duanya dan mencintai dirinya secara berlebihan sampai sulit menghargai perasaan orang lain. Kalau kamu merasa selalu dikagumi oleh semua orang dan menganggap itu sebagai kebutuhan, jangan-jangan kamu sudah mendekati gangguan kepribadian ini. Hati-hati, penderita gangguan ini kemungkinan besar jadi psikopat lhoo.

9. Generalized Anxiety Disorder



Semua orang pasti punya rasa cemas. Tapi kamu sudah dalam keadaan tidak normal kalau kecemasan itu sampai menyebabkan aktivitasmu terganggu karena mengalami kegelisahan yang berlebihan.

10. Obsessive Compulsive Disorder (OCD)



Obsessive Compulsive Disorder (OCD) adalah keadaan psikologis yang menyebabkan seseorang terobsesi mengulangi tindakan karena rasa ketakukan yang tidak masuk akal. Seseorang yang mengalami gangguan ini biasanya melakukan tindakan tertentu untuk meredakan stress seperti mencuci tangan terus-menerus dengan alasan takut kotor.
Lalu bagaimana denganmu? Kalau kamu merasa mempunyai kecenderungan kepada salah satu di antaranya, jangan malu atau minder ya!



About us

About Author

Naveed Iqbal

Naveed is freelance web designer. He loves to play with javaScript and other programming codes.